Sabtu, 23 Februari 2013

Babak Penyisihan OSK 2013


Babak Penyisihan Olimpiade Sains Kuark 2013

Di hari Sabtu ini, anak-anak bangun pagi dengan bersemangat karena akan mengikuti babak penyisihan Olimpiade Sains Kuark 2013. Wakil dari kelas II A berangkat bersama dalam 1 mobil. Di dalam mobil mereka bercanda dan sekali-kali menjawab pertanyaan tentang sais dari majalah sains Kuark. Suasana di dalam mobil kala itu benar-benar riuh.

Babak Penyisihan OSK 2013


Babak penyisihan OSK 2013 dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Tahun ini SDN Pondok Labu 11 menempati lokasi di Perguruan Islam Al- Syukro Universal, Ciputat. Sesampainya di lokasi, anak-anak langsung menuju tempat daftar ulang dengan menunjukkan kartu tanda peserta dan menandatangani daftar hadir. Kemudian mereka mengecek ruangan dan langsung berbaris untuk mengikuti upacara pembukaan. Pukul 09:15 anak-anak berbaris dengan tertib memasuki ruangan masing-masing. Untuk kemudian diberi pengarahan dan mulai mengerjakan pukul 09:30 secara serempak di sekuruh Indonesia.

Di Perguruan Islam Al-Syukro Universal, ketika anak-anak sedang mengerjakan soal-soal OSK 2013, para guru pembimbing dan orang tua dipersilahkan untuk mengikuti seminar parenting. Kali ini tema yang diusung adalah Seni Membangun Komunikasi dengan Anak, yang dibawakan oleh Muhammad Syafi’ie el-Bantanie. Beliau sudah menerbitkan banyak buku dan aktif di media online mengenai parenting.

MEMBANGUN KOMUNIKASI DENGAN ANAK
I.        Membangun Hubungan
1.      Matching
2.      Mirroring
3.      Eye Contact

II.     Menggunakan MODALITAS
1.      Visual
2.      Auditori
3.      Kinestetik

III.   HINDARI KATA NEGATIF
Hati-hati menggunakan kata hubung; tetapi, karena, mulai, dan semakin.
Gunakan kata; lebih baik, kalau

IV.  MOTIVASI

V.     TIMING

VI.  GUNAKAN LIMA BAHASA KASIH
1.      Pujian
2.      Sentuhan
3.      Hadiah
4.      Bantuan
5.      Waktu interaksi

Seni Membangun Komunikasi dengan Anak

Selesainya seminar parenting bersamaan dengan selesainya anak-anak mengerjakan soal-soal OSK 2013, pada pukul 10:00 yang juga serentak di seluruh Indonesia. Anak-anak berbaris kembali di aula. Para guru pembimbing diberi kenang-kenangan oleh Perguruan Al-Syukro, dan kemudian membawa anak-anak asuhnya pulang.

Tinggal menunggu pengumuman siapa yang masuk ke babak Semifinal pada tanggal 25 Maret 2013. Mudah-mudahan anak-anak SDN Pondok Labu 11, lolos semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar