Kamis, 09 Agustus 2012

Pertemuan Kelas orang tua/wali murid 1&2 dengan Kepala Sekolah POLA 11




Rapat pertama ini berisi silahturahmi, informasi pendidikan, pembentukan WOTK dan tanya jawab.

Angkatan yang hadir adalah angkatan ke-3 di POLA 11 dengan status RSBI. Pak Yayat sebagai Kepala Sekolah SDN Pondok Labu 11 RSBI menerangkan informasi seputar pendidikan. SDSN adalah sekolah dengan standard nasional pendidikan (8 standard) sedangkan SDBI adalah sekolah dengan standard nasional ditambah standard sekolah negara maju.

  

Tujuan dibentuknya SDBI diantaranya adalah agar murid-murid SDBI memiliki karakter universal untuk eksis di taraf internasional. Murid-murid SDBI diharapkan memiliki kompetensi, eksistensi, daya saing, serta berperan aktif dalam kegiatan global. SDBI memiliki literasi IPTEK sehingga bahan ajar yang digunakan dapat diperoleh di internet sehingga tidak lagi memerlukan buku cetak.

Karakteristik SDN Pondok Labu 11 RSBI dapat dilihat dari visi dan misi sekolah yang mana diharapkan setiap orang tua murid mengetahui dan memahaminya.

  

Pak Yayat memperlihatkan buku tebal berwarna merah yang berisi KTSP yang diterapkan oleh POLA 11. Kelas 2 seperti halnya kelas-kelas yang lain memiliki KKM, yaitu nilai minimal yang harus dicapai anak-anak selama belajar.



Salah satu usaha dalam menjalankan misinya, SDN Pondok Labu 11 RSBI menjalan misi pembelajaran melalui Sister School dengan Leongatha Primary School, Victoria. Menurut para pengajar dari Leongatha Primary School anak-anak POLA 11 sangat cepat dalam menangkap bahan ajar yang diberikan oleh mereka walaupun dalam Bahasa Inggris. Menurut para pengajar Leongatha Primary School yang datang mengajar selama 10 hari, anak-anak POLA 11 sudah dapat hafal lagu dalam Bahasa Inggris dan gerakan yang diinstruksikan dalam Bahasa Ingris, dalam waktu 30 menit. Sedangkan anak-anak di Leongatha Primary School tidak secepat itu. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak POLA 11 adalah anak-anak cerdas yang memiliki daya tangkap yang tinggi.

Melalui program Sister School, POLA 11 dan Leongatha Primary School telah beberapa kali mengadakan telekonferensi antar murid-murid sekolah. Murid-murid POLA 11 menggunakan Bahasa Inggris sedangkan murid-murid Leongatha Primary School menggunakan Bahasa Indonesia. Terjadi percakapan yang seru dan bersahabat penuh dengan tawa canda. Dan pada bulan November 2012, POLA 11 akan mengirim 10 siswa ke Australia sebagai pertukaran pelajar. Mereka akan belajar di Leongatha Primary School selama 10 hari.

Anak-anak POLA 11 diharapkan memiliki rasa keingintahuan intelektual yang tinggi. Dan dengan pembelajaran berbasis TIK diharapkan anak-anak dapat terus menerapkan moto sekolah yaitu Tiada Hari Tanpa Prestasi. Diharapkan juga dengan memiliki prestasi nasional dan internasional maka peserta didik dapat lulus dan melanjutkan ke luar negeri ataupun pindah sekolah ke luar negeri dengan mudah.

Salah satu yang diterapkan juga di POLA 11 adalah perilaku ramah lingkungan sehingga menjadikan sekolah yang hijau, bersih, sehat dan nyaman.

Dalam penilaian akreditasi sekolah, kondisi dan jumlah kamar mandi juga menjadi salah satu unsur penilaian. Rasio jumlah kamar mandi harus sebanding dengan jumlah anak. 1 kamar mandi laki-laki untuk 40 anak laki-laki dan 1 kamar mandi perempuan untuk 30 anak perempuan. Sehingga jumlah kamar mandi yang ada harus sebanding dengan jumlah murid laki-laki dan perempuan yang ada di POLA 11.

Untuk meningkatkan kualitas murid-murid POLA 11, para guru dan kepala sekolah di POLA 11 juga mengikuti Uji Kopetensi Guru yang diadakan setiap tahun. Pada tahun ini telah diadakan pada bulan Agustus 2012.

Dan untuk kelancaran belajar mengajar di POLA 11, maka dibuatlah tata tertib yang harus dipatuhi oleh seluruh warga sekolah dan orang tua murid. Terutama pakaian seragam, kebersihan dan ketertiban orang tua murid untuk hanya mengantar dan menjemput anaknya ke sekolah sampai pintu gerbang sekolah.

Dalam pelaksanaannya diharapkan WOTK dan Komite Sekolah untuk bekerjasama dalam kemajuan sekolah. WOTK 1&2 tahun ajaran 2012-2013 dibentuk hari ini juga sedangkan Pilkada Komite akan diadakan hari Sabtu tanggal 1 September 2012 yang diharapkan dihadiri oleh seluruh orang tua murid kelas 1 hingga kelas 6 untuk memilih Komite Sekolah yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar